Selasa, 03 Mei 2016

6 Mainan Jadul Terpopuler Anak 90an


Di tahun 90an hingga awal 2000an sebelum era digital banyak anak memilih mencari hiburan dengan bermain mainan tradisional, Mainan jadul terpopuler bagi anak 90an yang untuk saat ini termasuk dalam kategori jadul dan jarang di mainkan anak-anak karena mereka lebih gadget, iphone, laptop, playstation, dan mainan modern lainya. Dalam kesempatan kali ini untuk bernostalgia mengingatkan lagi sensai masa kecil anda, saya akan berbagi informasi tentang 6 mainan jadul tradisional indonesia yang populer bagi anak 90an, berikut 6 mainan jadul terpopuler anak 90an:


1. Kapal Otok Otok


Siapa yang tak mengenal mainan kapal / prahu kaleng yang berbunyi "Otok...Otok..." hampir seluruh anak Indonesia dalam riwayat masa kecilnya pernah memainkan mainan tradisional Kapal Otok Otok, bentuknya yang unik, tanpa menggunakan batrei, serta bunyinya yang khas, menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak di tahun 90an. Cara memainkan kapal otok otok / kapal klotok ini sangat mudah, hanya dengan api kecil dari pembakaran minyak dan kapas yang di taruh di dalamnya membuat kapal ini bisa berjalan, biasanya anak-anak memainkannya diatas baskom yang di isi air sehingga kapal.dapat berputar dan disaksikan dari atas.



2. Layang-Layang


Siapa anak laki-laki yang tidak pernah memainkan layang-layang??? Mungkin hampir pasti semua anak pernah memainkan layang-layang pada masa kecilnya, terutama anak yang hidup di pedesaan, mereka biasanya menggunakan layang-layang untuk diadu dengan musuh menggunakan senjata benang / senar yang tajam sehingga salah satu dari mereka ada yang mengalami putus tali. Selain diadu banyak juga yang menjadikan layang-layang sebagai hiburan dengan mendesain layangan berbagai bentuk seperti : hewan, kapal, orang, dan bentuk unik lainya.



3. Kelereng


Kelereng adalah mainan yang identik dengan anak laki-laki, harganya yang cukup terjangkau dan cara memainkannya ber ramai-ramai membuat mainan ini menjadi primadona anak laki-laki dalam mencari hiburan. Bentuk kelereng berbentuk bola kecil ada juga yang besar dengan berbagai corak warna, dan umumnya terbuat dari kaca.



4. Yoyo kayu


Di zaman sekarang anak-anak lebih mengenal yoyo import dengan bahan utama plastik, akan tetapi sebelum itu anak-anak di tahun 90an sangat akrab dengan Yoyo kayu, harganya yang sangat murah di bandingkan dengan yoyo asing yang lebih mahal menjadikan mainan Yoyo kayu lebih di gemari pada saat itu. Cara memainkan Yoyo kayu sangat mudah, tali yoyo dililitkan di bagian tengah Yoyo, kemudian Yoyo dilemparkan kebawah dan otomatis Yoyo akan kembali keatas menuju genggaman tangan.



5. Gasing Kaleng Motor


Inilah salah satu mainan jadul tradisional yang sudah hampir punah dipasaran anak-anak. Bila anak sekarang di tanya tentang mainan ini, Hampir semua anak kecil saat ini tidak mengenali nama dan bentuk Gasing kaleng motor. Mainan ini sempat menjadi primadona bagi anak di tahun 90an seiring dengan persaingan mainan import modern, mainan ini di tinggalkan anak-anak kecil di jaman sekarang yang lebih memilih Gadget & Laptop sebagai mainan mereka.



6. Ketapel


Mainan tradisional ketapel identik dengan anak laki-laki yang hoby usil, karena mainan ini biasanya mereka gunakan dalam hal-hal yang iseng, seperti : menjahili teman, menjatuhkan mangga dari pohon, membidik burung, dll. Fungsi ketapel adalah sebagai pengganti pistol, karena umumnya saat itu banyak anak-anak yang tak sanggup membeli mainan modern pistol yang harganya mahal, untuk itu mereka memilih ketapel dari kayu yang harganya cukup murah.




Demikan 6 mainan jadul tradisional anak 90an yang menjadi mainan primadona dalam menemani hari-hari anak kecil pada saat itu. Untuk kamu yang mengaku anak 90an manakah mainan jadul favoritmu???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar